5 Alasan Kamu Harus Merantau

Sebagai orang yang telah tujuh tahun lebih meninggalkan kampung halaman, bukan berarti saya perantau yang hebat. Terlebih setelah (nekat) pergi lebih jauh lagi. Kadang tiba pada kondisi yang membuat tidak tahan untuk tidak mengeluh. Tapi tidak sampai nangis di bawah shower kok. Hehe…

Sebanarnya dengan merantau kita jadi belajar dan menemukan banyak hal. Sesuatu yang mungkin tidak akan kita temukan jika terus berada di rumah. Karena itu, saya membuat tulisan ini untuk berbagi pengalaman. Ini alasan kenapa kamu harus merantau.

dsc_1289

Belajar Mandiri

Dengan merantau , kita akan berada jauh dari keluarga. terutama orangtua yang biasanya selalu mendampingi kita. Kita akan belajar mengurus kebutuhan kita sendiri. Mulai dari makan, mencuci pakaian, membersihakan tempat tinggal, pokoknya semua diurus sendiri. Tak ada yang membantu jika kita malas melakukannya. Kita akan benar-benar keluar dari zona nyaman selama ini. Oleh karena itu, dengan merantau akan membuat kita (terpaksa) bisa menjadi mandiri.

Selain itu, Di perantauan tak ada yang bisa memaksa kita bangun pagi lagi. Atau menyuruh kamu belajar dan melarang keluar rumah. Kita sendirilah yang harus pandai-pandai mengatur apa yang harus dilakukan. Artinya kita juga jadi belajar manajemen diri.

Tanpa sadar kita juga jadi bisa menemukan skill apa yang kaita punya. Ternyata saya bisa memasak misalnya. Atau ternyata saya bisa memperbaikai genteng yang bocor. Mencuci sambil menyapu juga mungkin (yang ini kamu hebat jika bisa melakukannya tanpa mesin cuci).

Bertanggung Jawab

Karena sudah hidup sendiri, ini menjadikan kita belajar menentukan sikap dan pilihan. Sebelumnya mungkin orangtualah yang menentukan sebagian besar yang harus kita lakukan. Jadi jika ada yang salah, kita tinggal menyelahkan orangtua dan mereka yang akan mengatasinya. Tapi tidak demikian ketika memilih pergi merantau. Dengan merantau, tidak akan ada lagi aturan rumah yang wajib kita ikuti. Setiap yang kita lakukan betul-betul didasarkan atas pilihan kita sendiri.

Karena semua pilihan adalah keinginan sendiri, maka kitalah harus mempertanggungjawabkan setiap pilihan yang diambil tersebut. Setiap kesalahan yang kita lakukan atas pilihan itu, harus kita tanggung dan atasi sendiri. Belajar dari mempertanggungjawabkan kesalahan sendiri ini akan menjadikan kita lebih dewasa dan bijak. Belajar dari kesalahan itu juga perlu bukan?

Pengalaman

Kata seseorang, “Pandangan hidup dan cara kita menjalaninya berbeda-beda, tergantung dari pengalaman yang dilewati.” Dengan pergi ke tempat yang jauh dari kampung halaman, tentu saja kita akan menemukan banyak hal baru. Sesuatu yang mungkin tidak pernah kita lihat dan bayangkan sebelumnya. Itu akan melatih kepekaan dan kepedulian kita. Kita bisa belajar memandang dunia ini dari berbagai sudut yang berbeda

Pergi ke tempat lain juga akan membuat kita menemukan banyak teman-teman baru. Mereka bisa membuat kita belajar bersosialisasi. Dengan sering bertemu orang-orang baru di lingkungan yang baru pula, kita jadi mudah beradaptasi dan tidak perlu canggung lagi menghadapi berbagai kondisi.

Jadi jika selama ini kamu melakukan hal yang sama, dengan orang yang sama dan di situ-situ saja, apa kamu tidak bosan?

Lebih Mengenal Diri Sendiri

Dengan hidup sendiri, kita belajar memahami arti perjuangan. Kita jadi tau sejauh mana kemampuan kita bertahan hidup. Sampai di mana kita kuat mengatasi segala sesuatunya sendiri dan tidak mengeluh. Juga sejauh mana kita bisa beradapatasi dengan lingkungan yang baru. Dengan begitu kita akan semakin mengenal diri kita sendiri. Menempatkan diri dalam berbagai kondisi membuat kita mengetahui apa yang benar-benar kamu inginkan.

Pulang

Saat pergi jauh, pulang adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Bagi seorang perantau, ingatan akan kampung halaman akan jadi berbeda dengan saat masih tinggal di sana. Mungkin tanpa kita sadari, hal-hal yang sebelumnya terasa biasa saja di kampung tiba-tiba menjadi sesuatu yang sangat penting dan berharaga. Keluarga, kerabat, suasana tempat tinggal, makanan khas, bahkan omelan Ibu sampai tukang bakso langganan bisa menjadi hal yang selalu dirindukan. Secara tidak langsung, kita pun akan lebih menghargai tempat kita berasal.

Pergi akan membuatmu jadi benar-benar tahu ke mana dan kenapa kamu harus kembali. Di sebuah tempat yang entah, karena di sana ada seseorang yang sedang menunggumu mungkin. 🙂

Jadi, pergilah! Dan temukan alasanmu untuk pulang.

download-4

Sumber: sriwahyusiswaningrum.wordpress.com

“Tulisan diikutkan dalam #Tantangan5 #KMKepo.

Advertisements
This entry was posted in Tantanngan 5 KM Kepo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s