Terima Kasih pada Terima Kasih

Adalah “terima kasih”, dua kata sederhana yang punya efek besar. Ia tidak semata-mata terbatas hanya pada dua kata pendek saja. Ia dengan segera menjelma menjadi rasa senang, melukiskan garis melengkung pada satu bagian wajah.

Terima kasih itu, semacam memasukkan kebahagiaan ke hati orang lain. Tapi entah kenapa, mulut seringkali sulit untuk melafalkannya. Padahal cukup dengan memberikan sedikit ruang pada ego, mengakui keterbatasan diri dan kelebihan orang lain. Maka terima kasih itu akan menunjukkan fungsinya. Siapa sangka, terima kasih akan menjadi sebuah tabungan besar yang akan kembali padamu. Berterimakasih bukanlah perihal apa yang diberikan padamu, melainkan tentang apa yang kamu dapatkan. Ia perkara mudah, sesungguhnya. Namun terasa mahal jika selalu saja kita berharap sesuatu yang lebih besar.

Salinlah banyak-banyak kata itu, lalu tebarkanlah dimana saja. Ia akan menjadi ucapan penutup yang sangat manis. Lalu datang lagi dalam bentuk kebaikan yang terus berlipat ganda. Bahkan pada mereka yang kejam sekalipun, berterimakasihlah! Karena mengajarkanmu bagaimana menghadapinya. Mengajarkanmu untuk tidak menjadi seperti mereka. Membuatmu tau sampai dimana batas kemampuanmu bersabar atau melawan.

Terima kasih akan membuatmu pandai bersyukur. Bukalah pintu dimana dua kata itu bisa keluar! Kusebut ia pintu ke”aku”an.

Jika terima kasih itu tak ada, masihkah kita bisa memahami tentang nilai dari sesuatu?

Aku takjub pada manusia sombong yang hanya berawal dari setetes air dan berakhir sebagai bangkai. Tak berpunya.

Berterimakasihlah pada “terima kasih”.

 

18 Februari 2016

Alya

images

Advertisements
This entry was posted in #30HariMenulisSuratCinta. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s