Pukul 00.00 Lewat Sedikit

Malam itu, sudah pukul 00.00 lewat sedikit saat aku ingin pulang ke kos yang jaraknya sekitar 20 menit ditempuh dengan motor. Seorang teman (laki-laki) menawari untuk beriringan, meski rumahnya sedikit lebih duluan dari kosku dia bersedia menemaniku sampai ke kos. Katanya sangat rawan kalau perempuan pulang sendiri tengah malam begini. Aku pun tak ingin menghalanginya berkhidmat (alaaah.. padahal butuh juga, haha).
Beriringan kami menysuri jalan yang mulai sepi. Ada 4 perempatan yang kami lewati, 3 diantaranya lampu jalannya menunjukkan warna merah. Meski begitu semuanya kuperlakukan seperti warna hijau. “aaah sudah tengah malam ini, jalanan juga sudah sepi”. Tapi temanku tetap berhenti menunggu lampu berpindah ke hijau. Walhasil aku harus memelankan laju motorku untuk menunggunya menyusulku. Dijalan mulutku komat-kamit mengomel sendiri, perjalanan jadi lama gara-gara dia.
Tiba di depan kos, dia sempatkan memberi penjelasan. “lampu merah itu berarti kita harus berhenti. Kan itu haknya pejalan kaki dan jalur sebelah untuk jalan… meskipun tidak ada yang melihat, atau yang punya hak sedang tidak di tempat bukan berarti kita boleh mengambil haknya kan!!!” sekarang batinku yang komat-kamit, malu rasanya.
Selama ini kupikir tidak mengambil hak orang sudah sangat cukup dengan tidak mengambil uang recehan di atas meja tanpa minta sama yang punya. Atau tidak memakai sabun di kamar mandi orang tanpa izin pemiliknya. Ternyata aku melewatkan yang satu ini.
Segala sesuatu memang harus dimulai dari hal-hal kecil

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s